Friday, March 16, 2007

Makan Dengan Tangan Kiri


"Ayo ... Mana tangan bagusnya deee..."
Kata-kata itu yang biasa diucapkan kalau kita memberi sesuatu kepada adik kita atau kepada anak yang lebih kecil... Dan dari kecilpun kita sudah dibiasakan oleh orang tua kita untuk selalu menggunakan tangan kanan untuk menerima sesuatu terlebih lagi untuk makan.

Makan dengan tangan kanan juga merupakan sunnah nabi yang sudah menjadi kebiasaan kita di indonesia khususnya dan muslim pada umumnya. Kita semua mungkin sering mendengar kata-kata "Siapa yang mengikuti suatu kaum maka ia masuk ke dalam golongan kaum itu", dan "umat ku adalah yang mengikuti sunnah ku" (ku disini adalah Nabi Muhammad saw.)

Namun betapa sedih hati ini kala melihat seorang muslim yang dengan bangganya makan dengan menggunakan garpu ditangan kirinya dan menyuap makanan yang ada didepannya dengan garpu tersebut. Memang itu adalah salah satu aturan yang terjadi kala kita makan di restoran (misalnya untuk makan steak) dan biasa disebut dengan table manner.

Apakah kita menyadari kalau hal ini merupakan bagian dari GHAZWUL FIKRI (perang pemikiran) yang sedang gencar dilakukan untuk menjauhkan umat islam dari nilai-nilai keislamannya. Dan apakah kita menyadari bahwa kita telah mengikuti cara suatu kaum dan maka kita akan termasuk dalam golongan kaum itu, dan apakah kita menyadari juga bahwa kita telah meninggalkan sunnah yang akan membawa kita menjadi umat Nabi junjungan kita Muhammad saw.

Mungkin memang banyak sunnah yang masih belum kita jalani, namun apakah harus kita meninggalkan sunnah yang sudah biasa kita jalani.

Semoga kelak di akhirat engkau ya habibiy... habibana...Rasulullah Muhammad saw berkenan memberikan syafaat mu kepada kami, dan semoga kami bisa mengangkat wajah kami untuk menatap engkau bukan malah menunduk malu atas perbuatan kami di dunia fana ini.

Wallohu'alam..
Mohon dikoreksi jika ada kesalahan.
Teruntuk saudara/i ku seiman... Mari bangkitkan sunnah :)

1 comment:

Anonymous said...

Benar sekali saudaraku, cobalah kita perhatikan sekeliling kita, saudara kita, teman kita, ditelevisi, kita dengan mudah melihat fenomena ini.
Dan sebagai tambahan, makan berdiripun sudah menjadi hal yang biasa...
:(